Translate

Monday, June 13, 2016

DAFTAR KEPALA KELUARGA NOBLESSE

Halooo~

Kali ini saya akan memberikan daftar kepala keluarga di Manhwa Noblesse, dan akan menjelaskan sedikit tentang mereka berdasrkan pengetahuan yang saya peroleh dari membaca manhwanya maupun dari situs-situs yang telah membahas topik ini sebelumnya.

WARNING: Postingan ini mengandung spoiler, jika anda anti spoiler dianjurkan untuk scrolling saja tidak usah membaca :*

Ada 6 Kepala Keluarga yang berhianat, berikut ini:


1. Keluarga Kravei/Krabay
Kepala Keluarga terdahulu    : Loctis Krabay/Kravei (tetua keempat/4th elder)

Kepala Keluarga sekarang    : Ignes Krabay/Kravei

Tipe Soul Weapon                 : Pecut/Bullwhip

Nama Soul Weapon              : Lantheart


Loctis Kravei


Soul Weapon keluarga Kravei: Lantheart, berbentuk seperti pecut

Ignes Kravei, kepala keluarga Kravei saat ini

Kepala keluarga Kravei, Loctis merupakan salah satu dari 6 kepala keluarga yang berkhianat kepada Lord terdahulu, Loctis juga merupakan salah satu pengikut Cadis Etrama Di Raizel dulunya. Dia meninggal setelah kalah bertarung dari Raizel saat melindungi Puterinya, Ignes. Dia juga merupakan tetua keempat Union, dan tubuhnya juga sudah dimodifikasi.

Sebenarnya kasihan juga sama Loctis ini, dia terpaksa masuk di Union untuk melindungi dan meredam anaknya yang benar-benar haus kekuatan. bahkan pernah dijleaskan, di chapter berapanya saya lupa. para tetua union sudah sering mengajukan Ignes untuk menjadi tetua union, tapi Loctis selalu menolak dengan alasan Ignes belum siap, sebenarnya bukan Ignes belum siap, tapi Loctis khawatir dengan kepribadian puterinya yang bisa dikatakan buruk itu.

Nah~ ini dia gambar detik-detik Loctis akan pergi tidur untuk selamanya/eternal sleep/meninggal. memang ya~ pengorbanan orang tua untuk anaknya, meskipun anaknya melakukan sesuatu yang tidak baik, orang tuanya akan tetap sayang, tapi salahnya Loctis disini, seharusnya dia tidak boleh membiarkan Ignes semakin menjadi-jadi seperti itu.
terus dikasih nasihat deh sama Rai


Seperti kata Raizel, melindungi bukanlah satu-satunya peran orang tua, memberi tahu bahwa tindakan yang dilakukannya salah juga merupakan peran orang tua. Oooh~ Poor Loctis >.<




Ignes ini entahlah di chapter selanjutnya dia bakal taubat apa tidak. Ayahnya sudah melakukan segalanya untuk melindungi dia, termasuk berkhianat kepada Lord, Raizel dan Lukedonia. Tapi Ignes? dia secara tidak langsung bersyukur ayahnya meninggal, karena akhirnya dia bisa memiliki Soul Weapon Keluarga Kravei. 

Sebenarnya ambisi Ignes jugalah yang membuat ayahnya tewas, dia termakan provokasi dr. Crombell. secara tidak langsung, dr. Crombell ingin Ignes berpikiran seperti ini : "Kepala Keluarga yang ada di Lukedonia sekarang lebih muda dan tidak lebih kuat dari Ignes, tapi sudah menjadi kepala keluarga, sedangkan Ignes yang sudah lebih dewasa dan kuat belum bisa menjadi kepala keluarga karena ayahnya masih hidup" dan Yak! Ignes berpikiran seperti itu. jadilah dia menculik Rael Kertia, Seira J. Loyard dan Regis K. Landegre yang akhirnya memicu pertarungan antara Sang Noblesse dan ayahnya. 


2. Keluarga Siriana

Kepala Keluarga Terdahulu  : Zarga Siriana

Kepala Keluarga Sekarang  : Tidak ada penerusnya

Tipe Soul Weapon               : Rantai Manriki/Manriki Chain

Nama Soul Weapon             : Lontrick




Zarga Siriana



Soul Weapon keluarga Siriana: Lontrick, yang berbentuk rantai manriki




Kepala keluarga Siriana, Zarga merupakan salah satu dari 6 kepala keluarga yang berkhianat kepada Lord terdahulu, Zarga juga merupakan salah satu pengikut Cadis Etrama Di Raizel dulunya. Dia meninggal setelah kalah bertarung dari Raizel, dan dipaksa tidur abadi. Dia juga merupakan tetua ketujuh Union namun tubuhnya belum dimodifikasi.

Apakah alasan Zarga menghianati Lukedonia? ini dia..


Dia juga taubat sebelum ajal menjemput, hmm~




3. Keluarga Agvain 

Kepala Keluarga Terdahulu   : Urokai Agvain

Kepala Keluarga Sekarang    : Tidak diketahui

Tpe Soul Weapon                  : Pedang/Galive

Nama Soul Weapon               : Dragus



Urokai Agvain
Dragus, Soul Weapon keluarga Agvain

Kepala keluarga Agvain, Urokai merupakan salah satu dari 6 kepala keluarga yang berkhianat kepada Lord terdahulu, Zarga juga merupakan salah satu pengikut Cadis Etrama Di Raizel dulunya. Dia meninggal setelah kalah bertarung dari Raizel, dan dipaksa tidur abadi. Dia juga merupakan tetua keenam Union namun tubuhnya belum dimodifikasi.

Dia ini sebelum meninggal punya dendam yang mendalam kepada Frankenstein, mata kirinya buta akibat pertarungannya dulu ketika melawan Frankenstein. Sebenarnya bisa saja dia menyembuhkan matanya, tetapi dia memilih untuk membiarkannya, sebagai pengingat untuk dirinya sendiri agar tidak meremehkan lawannya. Sejak saat itulah dia dendam kepada Frankenstein.

Dari yang saya lihat, sebenarnya sih, Urokai ini baik. Dia hanya tidak suka melihat Frankenstein ada disi Raizel. Yah~ semacam iri gitulah. Kalau menurut saya, dari semua kepala keluarga yang berhianat, hanya Ragus dan Gradeus saja yang benar-benar berhianat, sedangkan yang lain menurut saya tidak sepenuhnya berhianat, dan mereka juga taubat sebelum meninggal. hoho~


Bisa dilihatlah, meskipun tidak harus ada dialognya, Urokai, Zarga, Loctis bahkan Edian. Mereka sepertinya hanya terpengaruh rencanya licik Ragus. Dibawah ini contohnya 

Terlihat jelas mereka hanya diam saat Ragus menyampaikan idenya, tapi ini hanya pendapat saya lho ya



4. Keluarga Tradio
Kepala Keluarga Terdahulu   : Ragus Tradio

Kepala Keluarga Sekarang   : Claudia Tradio

Tipe Soul Weapon                : Tongkat Hitam/Black Cane

Nama Soul Weapon              : Dolor



Ragus Tradio 

Claudia Tradio



Dolor, Soul Weapon Keluarga Tradio


Ragus Tradio mungkin menjadi salah satu karakter yang paling dibenci di Noblesse, bagaimana tidak, dia yang membuat rencana untuk menghianati Lukedonia dengan mengkambinghitamkan Raizel. Bahkan dia juga yang membuat rencana untuk membuhun Raizel. Jahat ya? Nyebelin ya? Huum :( dia juga yang membuat Rai terseok-seok dan menggunakan banyak energi hidupnya.

Dia bahkan memanipulasi Edian untuk mencuri Blood Stone. Pokoknya pasti jengkel, gregetan kalo liat si Pak Tua ini. dia juga ikut andil sebagai penyebab kematian Lazark :(. Dia ini sangat berambisi untuk menguasai dunia, dia juga ingin menjadikan dirinya sebagai Lord kaum bangsawan. Karena ambisinya itulah dia menggunakan segala cara. bahkan dengan menghianati negerinya sendiri.

Pada saat bertarung melawan Raizel dan menggunakan Blood Stone, Ragus sangat menggila karena kekuatannya bertambah berkali-kali lipat. Blood Stone rupanya menyerap kekuatan anggota keluarga Tradio yang lainnya melalui sebuah batu bertuliskan mantera, Claudia yang sadar ayahnya melakukan sesuatu yang tidak benar, dan setelah melihat anggota keluarganya yang lain tewas, iapun menghancurkan batu tersebut *nggak kebayang kalau seandainya Claudia nggak ngancurin itu batu, seganas apa si ragus*.


Ngeri ya?

Saat memakai Blood Stone, ia bahkan bisa mematahkan salah satu sayap sang Noblesse

Claudia menghancurkan batu yang mengalirkan kekuatan kepada Blood Stone yang diapakai Ragus. Claudia, terima kasih nak~ *peluk Claudia

Sampai ajal menjemput, Ragus tetap menjadi seorang penghianat.

5. Gradeus (Nama Keluarga tidak diketahui)
Kepala Keluarga Terdahulu : Gradeus

Kepala Keluarga Sekarang  : -

Tipe Soul Weaapon             : Kampak/Labrys Axe

Nama Soul Weapon             : Messad

 Gradeus

Soul Weapon Gradeus, Messad

Dari semua karakter yang ada di Noblesse, ini yang paling nyebelin menurut saya. Dia ikut ngeroyok Lazark soalnya, makanya waktu dia dihajar habis-habisan sama Frankenstein saya seneng banget. Frankenstein sampai menggunkan Blood Spear loh untuk mengalahkan Gradeus.

Dia sebenarnya sudah kalah. tapi kemudian mendapatkan suntikan kekuatan dari Ragus. Gradeus memakai Blood Stone imitasi buatan Ragus yang tak kalah dahsyat kekuatannya. Yang mengerikannya lagi, Soul Weapon milik Gradeus, yaitu messad semakin kuat jika terkena darah.


Ini dia penampakan Gradeus saat menggunakan Blood Stone
 Dark Spear menelan Gradeus

Gradeus tewas tanpa jejak terhisap Dark Spear
6. Keluarga Drosia
Kepala Keluarga Terdahulu   : Edian Drosia

Kepala Keluarga Sekarang   : Tidak diketahui

Tipe Soul Weapon                 : pedang tipis kembar/Twin rapiers

Nama Soul Weapon              : tidak diketahui



Edian Drosia

Soul weapon milik keluarga Drosia
Edian merupakan kepala keluarga dengan label penghianat namun sebenarnya bukan penghianat. Kenapa ? karena ia telah dipengaruhi oleh Ragus. bagaimana caranya Edian terpengaruh ? dengan menelan sebuah pil yang diberikan Ragus.
Pil yang diberikan Ragus untuk Edian



Pengakuan Ragus yang telah mempengaruhi Edian

Diceritakan disalah satu Chapter, Edian ini sangat menyukai Raizel. Dia bahkan meninggal di pangkuan Raizel setelah menjadikan dirinya perisai atas serangan Ragus terhadap raizel. mengharukan sekali pokoknya. Waktu Rai meneteskan air mata darah untuk Edian, saya juga ikut nangis T~T Poor Edian. Saya bagi beberapa cuplikannya ya~
Edian saat melindungi raizel dari serangan Ragus

coba lihat raut mukanya Rai, mulai marah tuh~

kemudian Rai dengan amarah yang berkobar melawan Ragus sambil menggendong Edian yang sekarat T.T


Ini percakapan sesaat setelah Ragus tewas


Disini saya mulai mewek T.T



Disinilah air mata saya mengalir tanpa henti

Edian, dia mati demi melindungi orang yang dicintainya. Pffft~

Nah~ itu dia daftar kepala keluarga Noblesse yang berhianat. sekarang kita bahas kepala keluarga yang setia dengan Lord.

Kemudian, berikut ini adalah kepala keluarga yang setia kepada Lord.

7. Keluarga Landegre

Kepala Keluarga Terdahulu  : Gechutel K. Landegre

Kepala Keluarga Sekarang  : Regis K. Landegre

Tipe Soul Weapon                : Tombak/Lance

Nama Soul Weapon             : Regasus

Gechutel K. Landegre

Regis K. Landegre

Regasus
Kita mulai dari Gechutel K. Landegre, mantan kepala keluarga Landegre yang paling loyal kepada Lord terdahulu maupun yang sekarang. Anaknya, yang tidak lain adalah ayah dari Regis K. Landegre tewas ditangan Zarga Siriana bersama kepala keluarga Loyard terdahulu yang merupakan ayah dari Seira J. loyard.

Gechutel K. Landegre adalah kepala keluarga yang ditinggalakan Lord terdahulu saat beliau akan tidur abadi bersama beberapa orang kepala keluarga lainnya. tujuannya adalah untuk membantu lord yang sekarang dalam kepemimpinannya. dan yah~ pak tua satu ini memang sangat membantu. apalagi dengan segudang pengalaman dan pengetahuan yang dia miliki.



Kenapa diatas saya katakan mantan kepala keluarga Landegre meskipun ia masih hidup ? mungkin ada yang belum tahu, saya beritahu. disalah satu pertempuran, Regis dan Rael Kertia melawan musuh yang sangat kuat, kalau saya tidak salah ingat saat keduanya melawan werewolf. Regis yang sudah putus asa, didalam hatinya ia ingin sekali mendapatkan kekuatan untuk melindungi teman-temannya. tanpa diduga, Regasus merespon permintaan Regis, dan Gechutel sebagai pemiliknya pun mengijinkan Regasus untuk memberikan kekuatan kepada Regis.



Lucu ya ? orang sama senjatanya sama besarnya :D

Regis sendiri bahkan belum menjalani upacara pendewasaan namun sudah mampu memanggil Soul Weapon milik keluarganya. Lord yang diberitahu Gechutel bahwa dirinya sudah bukan kepala keluarga Landegre sangat terkejut namun juga bangga kepada Regis, ia mengatakan untuk segera meanggil regis ke Lukedonia untuk menjalani penobatannya.

Regis saat ini tinggal di Seoul :D tepatnya dirumah Frankenstein. disana ia bertugas untuk bersih-bersih rumah //gak. Disana ia menemani sang Noblesse bersama Seira J. Loyard, Rael Kertia dan Karius Blerster. Ia juga bersekolah di Ye Ran High School. Sekolah milik Frankenstein. 



Selain itu, ia juga tergabung dalam kelompok RK (Raizel Knights) buatan Tao. Seperti namanya, raizel Knight ini bertugas melindungi sang Noblesse. Yah~ walaupun akhirnya sang Noblesse lah yang selalu menyelamatkan mereka :D




8. Keluarga Loyard

Kepala Keluarga Terdahulu : -

Kepala Keluarga Sekarang  : Seira J. Loyard

Tipe Soul Weapon                : Sabit Maut/Scythe

Nama Soul Weapon             : Death Scythe



 Seira J. Loyard

Death Scythe, Soul weapon milik keluarga Loyard

Seira saat bertarung menggunakan Sabit Maut
Karena Regis belum disahkan sebagai kepala keluarga Landegre yang baru, berarti secara teknis Seira masih sebagai kepala keluarga termuda. tapi kalau menurut saya sih, Regis adalah kepala keluarga termuda saat ini, meskipun belum dinobatkan oleh Lord.

Seira menjadi kepala keluarga Loyard setelah ayahnya tewas ditangan Zarga Siriana bersama ayah Regis K. Lendegre. Ia sering disebut-sebut sebagai kepala keluarga terlemah. Bersama Regis, ia yang pertama kali tinggal dirumah Frankenstein. Ia bersekolah di SMA Ye Ran bersama sang Noblesse dan Regis.


Dirumah frankenstein, ia bertugas berbelanja dan menyiapkan masakan. karena ternyata ia sangat pandai memasak. Seira juga merupakan gadis yang sangat dicintai Rael Kertia. Dia bahkan sudah menolak lamaran dari rael dengan alasan yang sangat sederhana "Rael bukanlah tipe pria idamannya". 


Ada beberapa momen yang memperlihatkan kedekatan Seira dengan Shinwoo, temannya di sekolah. Banyak fans memfavoritekan mereka sebagai couple.
Manisnyaaaaaaa~
Manissss

Baru-baru ini juga ada momen Seira dan Rael, saat Seira menenangkan Rael yang baru saja kehilangan Lazark, kakaknya.


Nyesek ya ? Rael di notice Seira saat dia kehilangan kakaknya T~T


9. Keluarga Kertia
Kepala Keluarga Terdahulu : Rayga Kertia, Lazark Kertia

Kepala Keluarga Sekarang : Rael Kertia

Tipe Soul Weapon               : Dua bilah pisau belati/Dual Daggers

Nama Soul Weapon            : Kartas, Grandia



Rayga Kertia

 Lazark Kertia

Rael Kertia

Kartas, Soul Weapon yang digunakan Rayga Kertia dan Lazark Kertia
Grandia, Soul weapon yang digunakan Rael Kertia
Rayga Kertia adalah salah seorang kepala keluarga yang tidur abadi bersama Lord terdahulu. sebelum tidur abadi, Rayga bersama dengan Lord mencari cara untuk membagi soul weapon. dan akhirnya mereka berhasil. Rayga membagi Soul Weapon keluarga yang tadinya hanya kartas menjadi dua, yaitu Kartad dan Grandia. Dan Ragnarok yang tadinya hanya untuk Lord, dibagi mejadi dua. Ragnarok milik Lascrea dan milik Raizel.

Kartas diwariskan kepada Lazark, dan Grandia diwariskan secara diam-diam kepada Rael. Rayga yang memahami, bahwa Rael sangat ingin menjadi kepala keluarga sedangkan ia mempunyai seorang kakak, tentu tidak dapat menjadi kepala keluarga Kertia. oleh karena itu, ia membagi Soul Weaponnya menjadi dua bagian.



Dengan membagi Soul Weapon, tentu kekuatan pemiliknya tidak dapat terbangkitkan dengan sempurna. Itulah sebabnya mengapa Lazark terus berlatih mengasah kemampuannya, karena ia sadar kekuatannya tidak dapat sepenuhnya terbangkitkan, ia harus menguatkan sisi lain dari kekuatannya. Rael sendiri sebelumnya mengira bahwa kakaknya tidak mengetahui kalau ia memiliki Soul Weapon yang lain. Tapi sebenarnya Lazark mengetahui hal itu, Bahkan Lazark mengatakan kepada Rael, ia siap menyerahkan jabatannya kepada Rael kapanpun Rael menginginkannya.



Lazark ini Suambiable atau Husbanable banget lho~

Ganteng iya. Baik iya. Sabar iya. jago bersih-bersih dan masak juga :D


JENG JENG~!!
Sayang sekali, cowok ganteng roti sobek ini sudah mangkat. Ia tewas saat bertarung melawan 6 orang sekaligus. 3 werewolf dan 3 kepala keluarga. Kepala keluarga yang melawannya saat itu adalah Edian Drosia, Ragus Tradio dan Gradeus. ia benar-benar berjuang sampai titik darah penghabisan. Dengan kondisi kehilangan sebelah lengannya, ia bahkan masih memaksakan untuk bertarung. dilihat dari manapun, situasinya saat itu sudah tidak mungkin Lazark memenagkan Pertarungan. Dia juga sepertinya sadar, dan ia berusaha mengulur waktu sampai bantuan tiba. tapi sayamg, saat Raizel dan Frankenstein tiba ia sudah meninggal.



Saya kasih cuplikan pertarungannya sedikit ya~



 Gradeus memotng lengan Lazark

Gradeus menusuk jantung Lazark :(

:(
Setelah mengalami luka yang sangat-sangat parah, Lazark akhirnye tewas
RIP Lazark. We always love u <3
Rael Kertia tadinya seorang bangsawan yang sangat membenci manusia. tapi perlahan-lahan ia menunjukkan sifat baiknya. dia sebenarnya anak yang baik. Sekarang, ia menjadi *satpam di SMA Yeran* Kepala keluarga Kertia menggantikan kakaknya. Harapannya untuk menajdi seorang kepala keluarga terpenuhi, namun ia harus kehilngan kakak yang sangat menyayanginya.

10. Keluarga Blerster

Kepala Keluarga Terdahulu : Krasis Blerster

Kepala Keluarga Sekarang : Karius Blerster

Tipe Soul Weapon               : Busur dan panah/Longbow Arrow

Nama Soul Weapon            : Amore



Krasis Blerster
  


Karius Blerster

Amore, soul weapon kelurga Blerster
Yah~
Kepala keluarga satu ini memang konyol. dialog-dialognya selalu mengocok perut. dia juga jago ngegombal :D. Ia menjadi kepala keluarga menggantikan ayahnya yang tidur abadi bersama Lord terdahulu. Salah satu kekonyolannya adalah mengaku anak Lord dan berdiri -tanpa rasa bersalah- diatas kaki Yuri, tangan kanan dr. Crombell. Mau lihat ?



Nakal memang si Karius ini~ Yuri sampai dibuat berkeringat dingin begitu :D

11. Keluarga Eleanor
Kepala Keluarga Terdahulu : -

Kepala Keluarga Sekarang : Rosaria Eleanor

Tipe Soul Weapon              : Tingkat/Staff

Nama Soul Weapon           : Blood Witch

Rosaria Eleanor

Soul Weapon keluarga Eleanor, Blood Witch
Karena dia posisinya sebagai pemeran pendamping, jadi tidak banyak yang bisa dibahas. Oh iya, dia ini bisa Teleportasi lho~ tapi jaraknya terbatas. Ia menjadi kepala keluarga menggantikan ayahnya yang tidur abadi bersama Lord terdahulu.


12. Keluarga Mergas

Kepala Keluarga Terdahulu   : -

Kepala Keluarga Sekarang   : Ludis Mergas

Tipe Soul Weapon                 : Tameng/Dussack & Parmula Pair

Nama Soul Weapon              : Izarok



 Ludis Mergas

Izarok, Soul weapon keluarga Mergas
Awalnya saya mengira dia ini perempuan. Cute sekali wajahnya. Tapi ternyata laki-laki :D. Keluarga satu ini bertgas dibagian pertahanan Lukedonia, tak heran kalau dalam menerima serangan pertahanannya sangat baik. Tapi sangat sulit untuk menyerang balik karena daya serangnya yang amat lemah. Ludis Mergas menjadi kepala keluarga menggantikan ayahnya yang tidur abadi bersama Lord terdahulu.


13. Keluarga Ru

Kepala Keluarga Terdahulu  : -

Kepala Keluarga Sekarang  : Kei Ru

Tipe Soul Weapon                : Sarung tangan/Gauntlets Pair

Nama Soul Weapon             : Garant



Kei Ru

Soul Weapon keluarga Ru, Garant
Diantara seluruh keluarga bangsawan, keluarga Ru lah yang daya tahan tubuhnya paling bagus. Kei ini hari-harinya dihabiskan untuk berlatih. Ia melatih kekuatan tubuhnya, dengan harapan bisa melindungi Lord lebih baik dari siapapun.

Nah~ itu dia sedikit pembahasan saya untuk para kepala keluarga bangsawan Noblesse. Kalau ada yang keliru maupun kurang lengkap silahkan beritahu saya di komentar. Karena yang saya tulis berdasarkan pemahaman saya saat membaca manhwanya, dan dari beberapa sumber lainnya. Buat yang anti spoiler, tidak usah dibaca ya :D. Postingan ini akan terus diperbaharui jika ada hal terbaru yang berkaitan dengan topik pembahasan.



Buat yang sudah baca, terima kasih banyak^^





Credit :

noblesse.wikia.com






18 comments:

  1. Mo tanya, kenapa lord memutuskan untuk tidur abadi? Dan diikuti anak buahnya yg setia?

    ReplyDelete
  2. Karena lord terdahulu udah hidup terlalu lama dan dia menginginkan perubahan di para kepala kluarga karena selama dia hidup tidak ada perubahan dan memutuskan untuk tidur selamanya dan anak buah nya pun ikut dengan senang hati tampa paksaan..

    ReplyDelete
  3. Karena lord terdahulu udah hidup terlalu lama dan dia menginginkan perubahan di para kepala kluarga karena selama dia hidup tidak ada perubahan dan memutuskan untuk tidur selamanya dan anak buah nya pun ikut dengan senang hati tampa paksaan..

    ReplyDelete
  4. Lah gua baru nyadar min , grandia dan kartas itu beda πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  5. Lah gua baru nyadar min , grandia dan kartas itu beda πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas ulasannya. Keren bgt.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas ulasannya. Keren bgt.

    ReplyDelete
  8. Thanks infonya, makin love ama noblesse ��������������

    ReplyDelete
  9. Aku suka bgt nobellese dan juga sangat cinta Lee Jong suk oppa πŸ˜„
    Paling favorit dia di drama doctors stranger, W dan i can hear your voiceπŸ˜„

    ReplyDelete
  10. mana sodaranya Cadis Etrama DI Raizel?

    ReplyDelete
  11. Dari dulu aku suka banget sama Noblesse dan baru ini aku nge search tentang noblesse. Seneng deh dapet ketemu blog ini, hehe kita sesama pencinta Noblesse. Pokoknya Noblesse the best lah! Salam kenal yaaa

    ReplyDelete
  12. Mantap miiin
    Buat ulasan tentang para Elder lagi min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama ada di draft tapi belum sempat posting, segera ya.

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete