Translate

Friday, October 14, 2016

REVIEW FILM KOREA : TRAIN TO BUSAN (2016)


HALO~

Lama banget nggak buat postingan baru *nyapu*

Jadi saya baru selesai nonton film ini. Biasanya Cuma suka ngikutin drama korea aja, dan awalnya nggak begitu tertarik dengan film ini meski bolak-balik muncul di timeline sosmed. Penasaran dong, ini kok tiba-tiba ngehits banget filmnya bahkan teman-teman di sosmed yang keliatannya nggak suka film-film korea udah pada nyetatus soal film ini. Pas liat posternya, “lho itu Sohee Wonder Girls kan”, selanjutnya “lho ini kan Choi Han Kyul yang di Coffee Prince”, beberapa detik kemudian “Lah ini kan detektif Nam Seong Shik yang di H.I.T itu”. Secara berurutan yang saya sebutin barusan adalah Ahn Sohee, Gong Yoo, dan Ma Deong Seok. Kemudian googling dong ya nyari tau sinopsisnya, eh ternyata zombie-zombiean, habis baca sinopsinya malah jadi kurang berminat, tapi kangen sama Gong Yoo, sampai sekarang saya masih sering lho muter drama Coffee Prince sampe berasa khatam sama dramanya :D jadi nonton deh.

Saya nggak pinter nulis jadi maafkan kalau bahasanya berantakan, dan tulisan saya ini mengandung banyak spoiler. Jadi buat yang anti spoiler atau kamu-kamu yang berencana nonton dan nggak mau tahu banyak soal cerita film ini cukup baca sampai sini aja ya, dari pada nanti malah marah sama saya hehe. Karena sebenarnya saya mau ceritain film ini lengkap :D tapi khusus adegan-adegan yang menegangkan nggak akan saya kasih fotonya, biar kalian tetap nonton film ini //ditabok

Film ini dibuka dengan sebuah adegan dimana ada sebuh truk yang berjalan melintasi suatu area, dimana di area tersebut ada beberapa orang penjaga. Para penjaga tersebut mengenakan pakaian yang tidak lazim, dugaan awal saya daerah yang dijaga adalah daerah yang sedang di sterilisasi dan ternyata benar. 
Yang bisa baca hangul kasih tau dong itu tulisan warna merah bacaannya apa :D
Truk tersebut akhirnya dapat melewati penjaga keamanan dan melintasi sebuah daerah yang sangat sepi dan truk tersebut menabrak seekor rusa. Rusa yang sudah mati karena tabrak larik tersebut akhirnya hidup kembali dan menjadi zombie.
Liatin deh matanya O.O

Seok-Woo diajak putri kecilnya yang bernama Soo-An yang sedang berulang tahun ke Busan untuk mengunjungi Ibunya. Keesokan harinya berngkatlah mereka menggunakan kereta KTX menuju Busan.

Di kereta tersebut mereka bertemu pasangan Sang Hwa dan istrinya Seong Kyeong  yang tengah hamil, sekelompok tim baseball putra, seeorang bernama Young Guk dan seorang remaja putri bernama Jin Hee juga ada seorang pemuda yang agak gagap dan berpakaian lusuh yang awalnya bersembunyi di toilet.

Pada saat kerete akan berangkat, seeorang wanita dengan lutut yang terluka masuk kedalam gerbong kereta tanpa diketahui petugas. Wanita ini ternyata sudah terinfeksi virus yang menyebabkan dirinya menjadi zombie. Kereta baru berjalan beberapa saat ketika akhirnya seorang petugas wanita di kereta tersebut digigit oleh wanita itu dan menjadi zombie. Bahkan tidak butuh waktu lama untuk menjadikan satu gerbong penuh dengan zombie dan virus tersebut terus menjangkit gerbong-gerbong berikutnya.


Para penumpang panik dan berusaha menyelamatkan dirinya masing-masing. Penumpang yang masih selamat berkumpul pada satu gerbong disitu mereka mencoba menutup kaca pintu penghubung antar gerbong agar para zombie tersebut tidak melihat mereka.

KTX yang mereka tumpangi tidak bisa berhenti di tujuan semula dan harus berhenti ditempat lain, ada seorang yang -saya lupa namanya- ini sepertinya pemeran antagonis di film ini yang memaksa kereta untuk tetep berhenti di tujuan semula. Diinformasikan pihak kereta bahwa di stasiun tersebut ada tentara yang akan menjaga mereka. Seok Woo menelpon seeorang rekannya untuk mengetahui apa yang terjadi, ternyata sesampainya di tempat tujuan yang baru saja diinformasikan mereka akan dikarantina. Rekan Seok Woo pun memberi bantuan kepada Seok Woo dengan berkata akan mengirimkan orangnya untuk menjemput Seok Woo dan anaknya dan Seok Woo diminta untuk melalui jalan yang berbeda dengan penumoang lain.

Sesampainya di stasiun tersebut Seok Woo memilih jalan keluar sesuai yang diinfromasikan oleh rekannya diikuti oleh pemuda berpakaian lusuh yang tak sengaja mendengar pembicaraannya di telepon. Ternyata, tentara dan orang yang akan membantu Seok Woo sudah terjangkit virus tersebut. Dari sinilah perjuangan untuk lolos dari jurang kematian itu dimulai. Semua orang kembali berlarian masuk kedalam kereta.


Mereka yang sementara masih selamat terpisah menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama berada di gerbong nomor 15, disinilah Jin Hee dan sebagian besar peumpang yang selamat berada.

Kelompok kedua berada di gerbong nomor 13, disinilah Seong Kyeong, Soo AN, pemuda berpakaian lusuh dan seeorang nenek-nenek  berada, mereka semua bersembunyi didalam sebuah toilet.

Sedangkan kelompok terakhir ada di gerbong nomor 9, disini ada tiga orang yaitu Seok Woo, Sang Hwa dan Yong Guk.


Mereka bertiga berjuang melewati gerbong satu dan lainnya yang penuh dengan zombie agar bisa sampai di gerbang nomor 13 untuk bertemu orang-orang terkasih. Dalam usaha melewati gerbong demi gerbong inilah akhirnya diketahui bahwa para zombie tersebut lemah dalam keadaan gelap. Pada saat mereka melewati sebuh terowongan semua zombie nampak kebingungan. Satu hal lagi, mereka menyerang ke arah suara. 

Akhirnya mereka sampai di gerbong nomor 13, Seok Woo bertemu Soo An, Sang Hwa bertemu dengan istrinya, berarti sekarang tinggal satu gerbong lagi mereka bisa berkumpul dengan penumpang lainnya yang selamat.

Tanpa diduga-duga, dengan keadaan yang semakin sulit dan terkejar puluhan zombie para penumpang yang ada di gerbong 15 tidak mengizinkan mereka untuk masuk, salah seorang penumpang menjadi memprovokasi penumpang lainnya dengan mangatakan bahwa kemungkinan mereka sudah terinfeksi virus tersebut. Mereka bahkan mengikat dengan kain agar pintu tidak dapat terbuka.

Young Guk berusaha membuka dan memecahkan kaca

Sang Hwa menahan Zombie agar yang lain bisa melarikan diri

Disini salah satu heratbreaking moment terjadi, saat Sang Hwa mengorbankan nyawanya agar rekannya bisa selamat. Dengan berat hati Seok Woo membawa istri Sang Hwa, Soo An dan yang lain masuk kesalam gerbong 15 yang masih berusaha dipecahkan kacanya oleh Young Guk. Kaca akhirnya pecah namun sebuh pintuk kembali ditutup oleh penumpang yang lain agar mereka tidak bisa masuk kedalam gerbong nomor 15. Setelah dorong-mendorong akhirnya mereka berhasil masuk kedalam gerbong nomor 15 kecuali seorang nenek.

Seorang penumpang mengatakan kepada penumpang lainnya bahwa mereka yang masuk sudah terinfkesi, dan akhirnya mereka harus berpindah ke gerbong berikutnya yaitu gerbong 16. Jin Hee yang sedar tadi diperlakukan tidak baik oleh penumpang di gerbong 15 memaksa ikut rombongan Seok Woo ke gerbong nomor 16. Para penumpang di gerbong 15 pun mengikat pintu sekuat-kuatnya agar mereka yang ada di gerbong nomor 16 tidak bisa kembali ke gerbong nomor 15.

Siapa sangka justru mereka yang berada di gerbong nomor 16 inilah yang selamat. Seeoraang wanita paruh baya yang putus asa karena melihat rekannya tidak bisa selamat dan menjadi zombie dihadapannya malah membuka pintu gerbong nomor 14 yang berisi puluhan zombie itu. Alhasil, seluruh penumpang yang berada didalam gerbong 15 terinfeksi virus tersebut kecuali seeorang penumpang dan seeorang petugas kereta yang sembunyi didalam toilet.

Seok Woo mendapatkan infromasi dari rekannya bahwa Busan aman, dan juga memberi tahu bahwa merekalah penyebab semua ini terjadi. Disini saya juga nggak paham kenapa bisa karena kesalahan mereka ? mungkin kalau ada yang tau nanti kasih tau saya dikolom komentar ya.

Kereta berhenti disebuah stasiun yang sudah tak karuan keadaannya. Asap kebarkaran disana sini begitu pula dengan mayat para zombie. Sang masinis turun terlebih dahulu untuk mencari kereta yang masih bisa digunakan. seeorang penumpang yang bersembunyi didalam gerbong nomor 15 bersama seeorang petugas kereta akhirnya bisa keluar dari dalam kereta dengan menggunakan sang petugas sebagai "umpan" begitu pula dengan Seok Woo dkk. 

Tanpa diduga-duga sebuah kereta yang terbakar melaju dan menabrak kereta yang barusan mereka tumpangi. Jin Hee dan Young Guk terpisah dari Seok Woo dan yang lain. Mereka masuk kedalam sebuah gerbong. Sementara itu sang masinis sudah mendapatkan kereta yang bisa digunkan dan menjalankan kereta tersebut. Tiba-tiba masuk penumpang laki-laki dari gerbong 15 tadi kedalam gerbong dimana ada Jin Hee dan Young Guk, penumpang tersebut menggunakan Jin Hee sebagai umpan agar dia bisa melarikan diri. Young Guk menyelamatkan Jin Hee, namun terlmabt Jin Hee sudah terlanjur terinfeksi virus dan akhirnya Young Guk menjelma menjadi zombie karena gigitan Jin Hee T~T

penumpang yang menggunakan Jin Hee sebagai umpan berhasil lolos dan berusaha mengejar kereta yang terlah berjalan. Sang masinis yang berusaha membantunya malah kembali dijadikannya umpan agar ia bisa masuk kedalam kereta tersebut. Ia berhasil masuk namun iapun sudah terinfeksi virus.

Ditempat lain, Seok Woo berusaha menyelamatkan istri Sang Hwa, Soo An dan pemuda berpakaian lusuh yang sedang terjebak diantara kereta yang tadi bertabrakan. Istri Sang Hwa dan Soo An akhirnya selamat berkat pengorbanan pemuda berpakaian lusuh tersebut. Mereka bertiga berlari menuju kereta yang dikemudikan penumpang yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Disinilah akhirnya diketahui, penumpang yang terlihat jahat dan egois inipun mempunyai alasan tersendiri mengapa ia harus selamat hingga rela menjadikan orang lain sebagai umpan agar ia bisa selamat. Diatas kereta Seok Woo dan penumpang itu berkelahi yang berujung pada tergigitnya Seok Woo oleh penumpang tersebut.

Heratbreaking moment pun terjadi kembali. Seok Woo yang menyadari dirinya telah terinfeksi  dan bisa membahayakan berusaha menyelamatkan istri Sang Hwa dan Soo An, ia menjelaskan cara untuk menegemudikan kereta dan menyampaikan pesan-pesan terakhirnya kepada Soo An. =.= wah nggak tahan saya, nangis juga meski nggak sesenggukan. Seok Woo akhirnya melompat dari kereta sebelum kesadarannya menghilang, dengan kata lain ia bunuh diri. Huweeeee~ T.T

Ending film Train To Busan ini sebenarnya sudah bisa ditebak. Saya sendiri sejak mereka terpisah menjadi tiga kelompok sudah bisa memperkirakan tokoh mana saja yang akan menjadi "umpan" agar tokoh utamanya selamat dan semuanya benar hanya urutannya saja yang terbolak-balik hehe. Intinya seperti apa film ini sebenarnya sudah bisa ditebak jalan ceritanya dari awal, apalagi kalau yang sudah sering nonton film zombie-zombiean dan film Thriller, saya sendiri memang suka film thriller jadi kalau yang ceritanya begini-begini sudah bisa menebak-nebak jalan ceritanya.

Yang membuat film Train to Busan ini menarik dan kamu harus tetap nonton bahkan setelah membaca cerita lengkap dari saya diatas adalah film ini tentu berbeda dari kebanyakan film korea meski adegan "ala-ala drama koreanya" masih tetap ada dan juga film ini bisa menjaga perhatian penontonnya dari awal hingga akhir. Kamu nggak akan ngerasa bosan atau ngerasa "ah adegan ini nggak perlu" atau "udah buruan ngapain pake ada adegan ini segala". Keteganganmu bakalan tetap terjaga hehe.

Oh iya dari film ini juga kamu bakalan ngerti, bagaiaman jika manusia dihadapkan pada suatu keadaan dimana dia bisa kehilangan nyawanya sedetik kemudian setelah sedetik sebelumnya selamat. Apakah harus egois agar bisa selamat ? atau harus tetap berperikemanusiaan agar bisa selamat bersama-sama ? jawabannya akan kamu dapatkan setelah nonton film ini. Yah bisa dibilang itulah pesan moralnya dari film ini.

Nilai saya untuk film ini adalah : 8

Eh satu lagi, daftar pemainnya dibawah ya :
Pemain : 
GONG YOO as Seok Woo
KIM SOO AHN as Soo An
MA DONG SEOK as Sang Hwa
JUNG YUMI as Seong Kyeong
AHN SOHEE as Jin Hee
CHOI WOOSIK as Young Guk

Sutradara : Yeon Sang Ho

Terima kasih sudah membaca^_^ sampai jumpa dilain kesempatan, doakan saya supaya nggak males nulis ya /apasih *bow


1 comment: